Identifikasi Fitokimia Ekstrak Metanol Daun Paliasa (Melochia umbellata (Houtt) stapf) Dari Desa Renggarasi Dengan Metode Kromatografi Lapis Tipis (KLT)

Main Article Content

Lau, S. H. A.
Wuru, A. F.

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai Identifikasi fitokimia ekstrak metanol daun paliasa (Melochia umbellate (Houtt) stapf) dari Desa Renggarasi dengan Metode Kromatografi Lapis Tipis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui senyawa sekunder yang terkandung pada daun paliasa melalui skrining fitokimia dan metode kromatografi lapis-tipis (KLT). Ekstraksi dilakukan menggunakan pelarut metanol 70% dengan cara maserasi, dan diperoleh rendemene kstrak sebanyak 0,057%. Pengujian kandungan metabolit sekunder pada ekstrak daun paliasa dilakukan secara skrining fitokimia. Hasil identifikasi positif diantaranya saponin, tanin, dan terpenoid. Selanjutnya dilakukan uji KLT dilakukan untuk melihat noda yang terbentuk pada daun paliasa dimana uji KLT ini untuk eleuen polar yaitu metanol : n-heksan (7:3) untuk noda 1 nilai Rf 0,02, noda 2 nilai Rf 0,04, noda 3 nilai Rf 0,06, dan noda 4 nilai Rf 0,1, untuk eluen non polar metanol: n-heksan (3:7) hanya terbentuk 1 noda dengan nilai Rf 0,06.

Article Details

How to Cite
1.
H. Ambo Lau S, Wuru AF. Identifikasi Fitokimia Ekstrak Metanol Daun Paliasa (Melochia umbellata (Houtt) stapf) Dari Desa Renggarasi Dengan Metode Kromatografi Lapis Tipis (KLT). JFS [Internet]. 2018Nov.7 [cited 2020Nov.27];4(7):29-3. Available from: http://jurnal.farmasisandikarsa.ac.id/ojs/index.php/JFS/article/view/20
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)