Efektivitas Pemberian Ekstrak Daun Suji (Pleomele angustifolia) Terhadap Kadar Kolesterol Total Pada Tikus Putih (Rattus norvergicus)

Main Article Content

Sainal Edi Kamal
Herman

Abstract

Hiperlipidemia merupakan gangguan metabolisme lipid yang menjadi penyebab utama timbulnya penyakit kardiovaskular. Daun suji mengandung flavonoid yang dapat berperan sebagai antihiperlipidemia Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas pemberian ekstrak daun suji (Pleomele angustifolia)
dengan variasi dosis terhadap kadar kolesterol total pada tikus putih yang diberikan dengan pakan tinggi kolesterol dan suspensi propiltiurasil (PTU). Metode yang digunakan adalah eksperimental laboratorik dengan rancangan acak lengkap. Hewan uji yang digunakan adalah tikus putih sebanyak 15 ekor yang dibagi secara acak menjadi 5 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 3 ekor tikus putih. Kelompok 1 (kontrol negatif) diberi Na CMC 1%, kelompok 2, 3, dan 4 diberi ekstrak daun suji dengan konsentrasi 0,6%, 1,3% dan 2% b/v serta kelompok 5 (kontrol positif) yang diberi atorvastatin. Pengukuran kadar kolesterol darah total tikus dengan menggunakan alat multicheck (Nesco). Data hasil pengamatan dianalisis dengan menggunakan uji One Way Anova dan menunjukkan ekstrak daun suji dapat menurunkan secara bermakna (p < 0,05) kadar kolesterol total. Disimpulkan bahwa pemberian ekstrak daun suji 2% b/v merupakan dosis yang paling efektif dalam menurunkan kadar kolesterol total.

Article Details

How to Cite
Edi Kamal, S., & Herman, H. (2019). Efektivitas Pemberian Ekstrak Daun Suji (Pleomele angustifolia) Terhadap Kadar Kolesterol Total Pada Tikus Putih (Rattus norvergicus). Jurnal Farmasi Sandi Karsa, 5(2), 110-115. https://doi.org/10.36060/jfs.v5i2.52
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)